Sekolah Ekspor Indonesia

Kabar gembira bagi pelaku usaha , masayarakat umum, mahasiswa dan ukm di Indonesia karena saat ini telah hadir sekolah ekspor pertama di Indonesia. Sekolah ekspor ini didirikan oleh tiga pakar dan praktisi ekspor impor Indonesia yaitu Bapak Ronny Arifulbilah SE, MBA, Bapak Titan Bastian dan Ibu Tarina Priscilla.
Bapak Ronny Arifulbillah SE, MBA adalah praktisi ekspor sebagai Owner CV Tripolar yang bergerak di bidang Ekspor furniture dan handicraft di Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Sudah berpengalaman di bidang ekspor dari tahun 2000 dan juga merupakan salah satu Pengajar di Balai Besar Pendidikan Ekspor Indonesia Jakarta. Bapak Ronny juga pernah mengajar di Universitas Padjadjaran Bandung di mata kuliah Teknik Perdagangan Internasional. Dengan pengalaman yang panjang sebagai praktisi dan sebagai pengajar , maka Pengetahuan tentang ekspor sangatlah komprehensif dan aplikatif. Adapun spesialisasi beliau terutama di bidang marketing ekspor online yang sangat dibutuhkan oleh eksportir dalam mencari buyer atau pembeli di luarnegeri.
Bapak Titan Bastian adalah konsultan di bidang ekspor impor sejak tahun 2005 dan aktif di pelatihan pelatihan bisnis dan ekspor impor khususnya di Jawa Barat. Beliau juga aktif dalam kegiatan pameran pameran di luar negeri seperti di China, Malaysia , Rusia dan Turki. Dengan koneksi yang luas dengan perwakilan dagang Indonesia di luar negeri dan komunitas Bisnis di luar negeri, Bapak Titan dapat memberikan informasi-informasi yang sangat bermanfaat bagi eksportir dalam memasarkan produknya di luar negeri.
Ibu Tarina Priscilla adalah praktisi ekspor sebagai Owner PT Crenueu yang bergerak di bidang wooden furniture dan handicraft di Jakarta, Indonesia. Beliau juga salah satu Pengajar di di Balai Besar Pendidikan Ekspor Indonesia Jakarta dan Ketua Komunitas UMKM Silver Interfor yang merupakan wadah pelaku bisnis atau Usaha Kecil dan Menengah wilayah Jabodetabek binaan Binus University Jakarta Indonesia. Beliau sering melakukan kegiatan pelatihan bagi UKM di wilayah Jabodetabek. Sehingga dengan pengalaman yang panjang sebagai eksportir, pengajar dan ketua komunitas, Ibu Tarina dapat membantu UKM dalam menjalankan usahanya dengan manajemen yang baik.
Sekolah ekspor didirikan dengan tujuan membantu ukm yang ingin menjadi eksportir tetapi masih tidak mengetahui tata caranya, prosedurnya, cara mencari buyernya, cara melakukan promosi produknya, sistem pembayarannya dan sebagainya. Walaupun banyak ukm yang berkeinginan untuk menjadi eksportir, akan tetapi tidak banyak lembaga yang dapat memberikan pelatihan, konsultasi ataupun pendampingan bagi para UKM agar mereka dapat menjadi eksportir yang berhasil. Disinilah visi dan misi sekolahexport.com untuk menjadikan tempat pelatihan bagi para UKM Indonesia sehingga dapat menjadi eksportir yang baik.
Di sekolahexport.com materi yang diajarkan terutama hal-hal yang praktis dan aplikatif, bukan merupakan teori yang rumit dan sulit dicerna bagi para ukm yang umumnya ingin segera menjadi eksportir dengan mudah , cepat tetapi tetap aman. Dengan para pengajar yang merupakan praktisi maka para peserta didik akan mendapatkan tips dan trik dalam menjalankan bisnis ekspor. Sebelumnya mungkin masyarakat berfikir bahwa bisnis ekspor adalah bisnis yang rumit dan sulit untuk dilakukan, setelah mendapatkan pendidikan di sekolahexport.com maka mitos tersebut akan segera sirna dan berubah menjadi semangat untuk menjual produknya ke luar negeri.
Adapun pelatihan maupun kelas yang diadakan bermacam macam. Baik kelas offline maupun online. Beberapa materi yang diajarkan adalah sebagai berikut :
– Survei pasar dan negara tujuan ekspor
– Sistem pembayaran ekspor
– Logistik ekspor
– Cara Mencari Buyer
– Cara Promosi produk ekspor
– Dokumen Ekspor
– Desain Peoduk dan Kemasan
– Dan lain sebagainya
Peserta juga dapat meminta pelatihan atau pendampingan dengan materi yang desesuaikan dengan kebutuhan mereka.
Pada akhirnya sekolahexport.com menyediakan solusi bagi para ukm agar dapat menjadi eksportir yang berhasil. Semoga kiprah ekolahexport.com di Indonesia dapat bermanfaat dalam memunculkan eksportir-eksportir baru yang tangguh yang dapat menghasilkan devisa yang sangat dibutuhkan di negera Indonesia tercinta.

© 2008 Tripolar Furniture. All Rights Reserved.